// HOME / Artikel / Pembuatan Taman Vertikal dan Taman minimalis | Ibu Sarah - The Icon BSD, Tangerang

Pembuatan Taman Vertikal dan Taman minimalis | Ibu Sarah - The Icon BSD, Tangerang

By Ricky Maulana
Pembuatan Taman Vertikal dan Taman minimalis | Ibu Sarah - The Icon BSD, Tangerang
Spesifikasi
Kategori Taman Vertikal
Ukuran
Lama Pengerjaan
Harga

Rp 1.200.000



Proses pembuatan taman vertikal dan taman minimalis yang dibuat di rumah Ibu Sarah Grace, berlokasi di Cluster Cosmo, The Icon, BSD City Tangerang Selatan.

Halo #sobattaman, udah lama admin nggak upload artikel dikarenakan kondisi yang masih dalam masa pandemi nih.. Jadi kalian paham kalo kondisi ekonomi negara kita menjadi kurang stabil. Oleh karena itu tingkat minat orang buat taman menjadi rendah.

Tapi Alhamdulillah, bersyukur kepada Allah, bahwa kita semua masih diberikan kesehatan, rezeki yang cukup dan umur yang panjang. Sehingga masih diberikan kesempatan untuk selalu berkarya dimasa new normal ini dengan membuat berbagai konsep taman yang diminta oleh client kami.

Salah satu client kami yang admin angkat ceritanya yaitu Ibu Sarah Grace, Beliau seorang pengusaha sukses yang memiliki rumah baru dan membutuhkan elemen taman untuk melengkapinya. Lokasi Proyek bertempat di Cluster Cosmo, The Icon BSD, kota Tangerang Selatan.

Yang mana beliau ingin membuat taman pada halaman belakang rumah nya dengan konsep taman vertikal dan taman minimalis yang dipadukan menjadi konsep taman yang indah dan menyejukan mata.

Okee.... langsung saja admin bakal ceritain gimana proses pembuatannya...

Pembuatan Desain

desain taman minimalis

Pertama adalah melakukan pengerjaan desain/ sketsa taman yang akan dibuat. Baik itu taman vertikal ataupun pada bagian taman minimalisnya.

Teknik pembuatan desain bisa menggunakan gambar tangan atau desain digital melalui aplikasi landscaping.

Disamping pembuatan desain, kami juga membuat perincian mengenai jenis tanaman yang digunakan, jumlah tanaman beserta harga nya.

 

Pemasangan Kerangka Baja

kerangka taman vertikal

Kemudian pengerjaan dilanjutkan dengan pemasangan kerangka baja ringan. Fungsinya untuk apa sih? baja ringan ini digunakan sebagai kerangka utama yang ditempelkan pada tembok, jadi jika suatu saat tembok sobat bermasalah, atau mao direnovasi. Tidak terlalu mengganggu pada tanaman vertikal yang sudah dibuat. Tujuannya agar material tanaman dan bangunan tidak tercampur aduk.

Apa kerangka penting? ya penting, singkat saja.. pada sebuah benda, kerangka dasar sangat dibutuhkan untuk memberikan kekuatan, proteksi, dan kualitas. Dalam konteks taman vertikal, pemasangan kerangka sangat perlu untuk kekuatan menopang tanaman hias, karpet tanaman, media tanam, terlebih lagi saat disiram yang pasti menambah beratnya.

Sayangnya, masih banyak tukang taman yang membuat taman vertikal hanya dengan menempel kantung tanaman dengan menggunakan paku (kalao dipaku aja, ibu saya juga bisa buatnya wkwkwk). Hehe so yang pasti pemakaian baja ringan ini sangat mempengaruhi kualitas taman vertikal yang dibuat.

Penggunaan Alas Plastik Fiber/ Karpet Tahan Air

proses pembuatan taman vertikal

Selanjutnya adalah proses pemasangan plastik fiber atau karpet kedap air. Nah apa lagi ini? wkwkwk

Plastik fiber berfungsi sebagai proteksi tembok terhadap rembasan air penyiraman. Hal ini berguna agar air tidak mengotori tembok/ tidak membuat tembok menjadi berlumut. Karena dengan berlumut, umur tembok bisa menjadi berkurang.

Pemasangan Karpet/ Kantung Tanaman

kantung tanaman vertikal

Media karpet atau kantung tanaman terbuat dari bahan textile yang kuat menyerap dan menyimpan air, sehingga tanaman terpenuhi kebutuhan air nya.

Pemasangan/ Penanaman Tanaman pada Kantung

pembuatan taman vertikal

Berikut proses penanaman atau pemasangan tanaman yang sudah ditentukan pada karpet yang telah di lubangi sebelum nya. Untuk jarak pelubangan karpet kamu memberikan ukuran lubang sebesar 10-15 cm dengan jarak antar lubang nya 5-7cm.

Cara pemasangannya adalah dengan melepas polibag yang ada pada tanaman, yang kemudian tanaman langsung di pasang pada kantung sekalian dengan media yang menempel di akar.

Setelah itu penambahan media dan pupuk diberikan dengan jumlah yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Pembuatan Sistem Penyiraman

lapisan taman vertikal

Selanjutnya adalah langkah pemasangan sistem penyiraman. Teknis nya adalah dengan melubangi pipa pvc dengan jarak antar lubang sepanjang 15cm. Pipa yang digunakan adalah ukuran 1/2" atau 3/4" yang mana pipa tersebut disambungkan dengan kran air terdekat.

Disini kami tidak menggunakan penyiraman otomatis dengan menggunakan timer, karena dalam pembuatan taman vertikal dalam skala rumahan, penggunaan timer pada penyiraman kurang diminati karena harganya yang relatif mahal.

 

Oke sampai disini, pembuatan taman vertikal dirumah Bu Sarah selesai dengan hasil berikut ini :

desain taman vertikal

 

Keterangan :

  1. Dibawah taman vertikal, kami tambahkan batu coral agar air bekas penyiraman yang jatuh tidak mengotori rumput gajah mini pada taman minimalis.
  2. Taman minimalis dibuat sederhana agar tidak membuat point of interest yang melebihi taman vertikalnya. Artinya taman vertikal lebih diutamakan.
  3. Penggunaan rumput gajah mini pada halaman belakang lebih direkomendasikan dari pada jenis rumput lain, karena karakteristik nya yang lebih kuat dan tahan cuaca.
  4. Pemilihan tanaman Bromelia pada contur taman minimalis karena tanaman ini memiliki karakter pertumbuhan yang lama dan tidak tinggi, sehingga tahan lama dan mudah dalam perawatan.

Kenapa Harus Dengan Tamanproject?


Harga Murah

Harga lebih murah karena material tanaman hias langsung dibudidaya oleh tim kami sendiri.

Berkualitas

Tanaman hias yang digunakan selalu dijaga kesuburan, bunga dan warnanya agar tetap menarik dan segar.

Desain Kreatif

Desain taman yang dibuat kreatif dan inovatif dengan material tanaman yang terjangkau

Berpengalaman

Memiliki segudang pengalaman dibidang pertamanan dan mempunyai tenaga ahli yang profesional.

Fleksibel

Fleksibel dalam segi waktu pembuatan, pemilihan tanaman dan desain yang akan dibuat.

Bergaransi

Tukang taman yang bertanggung jawab demi memberikan kepuasan maksimal kepada konsumen.


AREA CAKUPAN

Pada mulanya usaha kami hanya terbatas didaerah Depok dan Bogor karena terhambat oleh transportasi yang memadai. Namun dengan semakin berkembangnya usaha kami, cakupan wilayan usaha kami semakin meluas. Mulai dari daerah selatan kota Depok yaitu Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Cisarua, Ciawi sampai dengan Sukabumi. Daerah utara yaitu daerah Ibukota Jakarta mulai dari Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Timur dan Jakarta Barat. Kemudian kearah Barat meliputi daerah Bintaro, Tangerang Selatan, Kota Tangerang, Serang, Pandeglang sampai ke Anyar. Dibagian Timur Mulai dari daerah Cibubur, Cilangkap, Bekasi, Cikarang dan Karawang.



Berapa Sih Biaya Dalam Pembuatan Taman?

Ada banyak sekali elemen penting yang dilakukan dalam pembuatan taman seperti tanaman hias, ongkos kirim, jasa penanaman, dan luas lahan. Besar biaya tidak ditentukan oleh luas lahan semata, Lalu bagaimanakah cara untuk menghitung biaya pembuatan taman?

Berikut ini beberapa faktor yang mempengaruhi biaya pembuatan taman :
Jumlah tanaman hias yang digunakan.
Jenis tanaman hias yang dipilih.
Kondisi dan luas lahan.
Tidak ada ongkos kirim.
Tidak ada biaya jasa penanaman.
Tidak ada biaya tambahan lainnya.

Ayo..Pesan Sekarang!

Jika Anda masih bingung harus memulai dari mana, bagaimana perincian harga, teknik pembuatan, ketentuan garansi dan lain sebagainya. Langsung SURVEY LOKASI merupakan pilihan yang tepat guna melakukan perhitungan terhadap lahan, perincian harga dan konsultasi.

Hubungi Kami Sekarang!